Manfaat Pendapatan Nasional Menurut Ahli Ekonomi

Apa manfaat dan tujuan perhitungan pendapatan nasional lengkap dengan penjelasannya ? apa manfaat pendapatan nasional dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan negara apa manfaat pendapatan nasional bagi rumah tangga konsumen ? Tujuan pendapatan nasional bagi pembangunan sebuah negara adalah sebagai acuan untuk menilai sebesar dan sejauh apa produktivitas masyarakat dan sejauh mana tingkat kemakmuran dapat dicapai. 

Bagaimana korelasi antara pendapatan nasional (produk domestik bruto atau produk nasional bruto) dengan peningkatan penerimaan negara yang direalisasikan dari sektor pajak.  Dari tingkat pendapatan nasional ini pula pemerintah dapat menentukan kebijakan, apakah produktivitas masih perlu didorong melalui kebijakan memperbesar pengeluaran/belanja pemerintah atau sebaliknya, justru produksi harus dihambat karena setelah masyarakat mengalami kemakmuran yang tinggi keadaan menjurus ke inflasi sehingga pemerintah harus memperkecil pengeluaran/belanja negara dan memperbesar pemungutan pajak. Berikut ini adalah manfaat atau tujuan perhitungan pendapatan Nasional Menurut Ahli Ekonomi bagi rumah tangga dan negara :

Manfaat Pendapatan Nasional Dalam Kehidupan Ekonomi

Salah satu manfaat menghitung pendapatan nasional bagi rumah tangga konsumen dalam kehidupan ekonomi adalah dapat mengukur pertumbuhan ekonomi, perhitungan pendapatan nasional berguna sebagai salah satu instrumen untuk mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi yang dicapai oleh suatu negara. Dengan menggunakan hasil perhitungan pendapatan nasional `dari suatu tahun ke tahun lainnya kita akan dapat mengamati pertumbuhan ekonomi suatu negara dari tahun ke tahun. Pertumbuhan ekonomi tersebut merupakan prestasi suatu negara dalam mengendalikan kegiatan ekonominya. 

Manfaat Pendapatan Nasional Suatu Negara

Manfaat pendapatan nasional dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat  bagi suatu negara adalah sebagai perbandingan kemajuan antarnegara. Selain menganalisis tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara dengan cara mengamati perhitungan pendapatan nasional negara tersebut, kita juga dapat melihat  keberhasilan suatu negara dalam mengendalikan dan mengembangkan ekonomi suatu negara dengan cara membandingkan dengan keberhasilan negara-negara lain yang setara dalam membangun perekonomiannya.

Manfaat pendapatan nasional bagi pemerintah

Manfaat menghitung pendapatan nasional bagi pemerintah adalah sebagai dasar untuk  menilai efektivitas kebijakan ekonomi masa lalu dan bahan pertimbangan untuk kebijakan baru. Data pendapatan nasional merupakan sumber informasi bagi pemerintah untuk menganilis efektifitas kebijakan-kebijakan fiskal yang diambil pemerintah di masa lampau dan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat penyesuaian ataupun perbaikan melalui kebijakan-kebijakan baru di masa yang akan datang.