Pendapatan Perkapita Menurut Ahli Ekonomi

Apa yang dimaksud dengan pendapatan perkapita ? pengertian pendapatan perkapita ? Pendapatan perkapita (income per capita) menunjukkan pendapatan rata-rata per tahun setiap penduduk di dalam suatu negara. Besarnya pendapatan per kapita sehingga tidak merefleksikan pendapatan sebenarnya yang diperoleh masing-masing penduduk. Apalagi kita tahu bahwa sebaran jumlah penduduk, modal dan aktivitas produksi antara satu wilayah dengan wilayah lain di suatu negara tidak sama.

Pengertian Pendapatan Perkapita

Apa yang dimaksud dengan pendapatan perkapita ? pengertian pendapatan perkapita ? menurut ahli ekonomi, pengertian pendapatan perkapita adalah :
Pendapatan Perkapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. 
Pendapatan perkapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut. Pendapatan per kapita juga merefleksikan PDB per kapita. Pendapatan per kapita sering digunakan sebagai tolok ukur kemakmuran dan tingkat pembangunan sebuah negara; semakin besar pendapatan per kapitanya, semakin makmur negara tersebut.

Rumus Pendapatan Perkapita

Besarnya pendapatan per kapita dapat dihitung dengan cara membagi besar-nya Pendapatan Nasional Bruto (PNB) suatu negara dengan jumlah penduduk negara yang bersangkutan. Rumus menghitung pendapatan nasional perkapita dapat ditulis dengan persamaan berikut ini :
Pendapatan perkapita = Produksi Nasional Bruto / Jumlah penduduk suatu negara

Contoh Soal dan Cara Menghitung Pendapatan Perkapita

Contoh Menghitung Pendapatan Nasional PerKapita : Misalkan jumlah penduduk berdasarkan statistik tahun ini berjumlah 200.000.000 orang dengan Produksi Nasional Bruto (PNB)  Rp 1.200.000.000.000.000,00 maka :
Pendapatan per kapita = 1.200.000.000.000.000,00 / 200.000.000.000,00
Pendapatan nasional per kapita = 6.000.000,00