Pengertian Laporan Keuangan Menurut Ahli PSAK

Pengertian Laporan Keuangan Menurut PSAK Terbaru 2009
Laporan keuangan perusahaan dipersiapkan atau dibuat dengan maksud untuk memberikan gambaran dan laporan kemajuan kinerja suatu perusahaan secara periodik. Pengertian laporan keuangan pada umumya adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Laporan keuangan biasanya meliputi neraca dan perhitungan laba rugi serta laporan perubahan modal, dimana neraca menunjukan atau menggambarkan jumlah aktiva, hutang dan modal dari suatu perusahaan pada tanggal tertentu, sedangkan perhitungan laba rugi memperhatikan sumber dan penggunaan atau alasan-alasan yang menyebabkan perubahan modal perusahaan. 

Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan, dimana setiap perusahaan baik bank maupun non bank pada suatu waktu (periode) akan melaporkan semua kegiatan keuanganya. Berikut ini adalah pengertian laporan yang keuangan yang dikutip dari beberapa sumber. Pengertian laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi : Neraca, laporan laba rugi komprehensif, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana dam catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan (Wikipedia).


Pengertian Laporan Keuangan Menurut PSAK 2009

Menurut PSAK terbaru per juli 2009 Pengertian laporan keuangan adalah suatu pengajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas. Tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas entitas yang bermanfaat bagi sebagian besar kalangan pengguna laporan dalam pembuatan keputusan investasi. Laporan keuangan juga menunjukkan hasil pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, laporan keuangan menyajikan informasi mengenai entitas yang meliputi: aset, laibilitas, ekuitas dan pendapatan dan beban termasuk keuntungan dan kerugian (PSAK nomor 1 per 1 juli 2009).


Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Pengertian laporan keuangan menurut para ahli adalah merupakan media yang dapat dipakai untuk meneliti kondisi kesehatan perusahaan yang terdiri neraca, perhitungan laba rugi, ikhtisar laba ditahan dan laporan posisi keuangan secara singkat adalah hasil akhir proses akuntansi (Agnes Sawir, 2001;2). Selain itu ada juga pendapat lain mengenai pengertian laporan keuangan, disebutkan bahwa pengertian laporan keuangan adalah seni dari pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari peristiwa-peristiwa dan kejadian yang setidaknya sebagian bersifat keuangan dengan cara yang setepat-tepatnya dinyatakan dalam uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul daripadanya (Munawir, 2001;5).

Karakteristik kualitatif merupakan ciri khas yang membuat informasi dalam pengertian laporan keuangan berguna bagi pemakai. Terdapat empat karakteristik kualitatif pokok yaitu atas laporan keuangan yaitu : 1)Dapat Dipahami dimana Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami peserta dan bentuk serta istilahnya disesuaikan dengan batas para pengguna; 2) Relevan maksudnya laporan keuangan dianggap jika informasi yang disajikan didalamnya dapat mempengaruhi keputusan pengguna; 3) Keandalan Informasi dalam laporan keuangan bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material; 4)Dapat diperbandingkan yaitu Informasi yang disajikan akan lebih berguna bila dapat diperbandingkan dengan laporan keuangan pada periode sebelumnya.