Produk Nasional Bruto Menurut Ahli Ekonomi

Apa pengertian produk nasional bruto ? bagaimana rumus menghitung produk nasional bruto ? bagaimana perbedaan produk nasional bruto dan produk domestik bruto ? dan seperti apa contoh perhitungan produk nasional bruto ?. Dalam kenyataan, seseorang dapat saja bekerja atau berusaha di negaranya sendiri atau di negara lain tanpa melepas kewarganegaraan asalnya. Didasarkan pada hal tersebut, maka konsep Produk Nasional Bruto disebut juga dengan Gross National Product atau PNB atau GNP menitik beratkan perhatiannya kepada besaran produksi barang dan jasa yang dapat diproduksi oleh warga negaranya sendiri di dalam negeri maupun di luar negeri. 

 

Pengertian Produk Nasional Bruto (PNB)

Apa pengertian produk nasional bruto ? Pengertian produk nasional adalah nilai barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksi dalam periode tertentu oleh faktor-faktor produksi milik penduduk (warga negara) suatu negara ditambah dengan yang diproduksi oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki warga negaranya tersebut di luran negeri. Secara sederhana.


Perbedaan Produk Nasional Bruto dan Produk Domestik Bruto Menurut Para Ahli

Bagaimana perbedaan produk nasional bruto dan produk domestik bruto menurut para ahli ? perbedaan PDB dengan GNP atau PNB dapat dilihat dari definisinya, yaitu :
Produk domestik bruto (GDP) adalah merupakan jumlah nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara (domestik) selama satu tahun. 
Dalam perhitungan GDP ini, termasuk juga hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan/orang asing yang beroperasi di wilayah negara yang bersangkutan. Barang-barang yang dihasilkan termasuk barang modal yang belum diperhitungkan penyusutannya, karenanya jumlah yang didapatkan dari GDP dianggap bersifat bruto/kotor.  
Produk Nasional Bruto (GNP) adalah berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara (nasional) selama satu tahun. 
Dalam pehitungan GNP termasuk hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara yang berada di luar negeri, tetapi tidak termasuk hasil produksi perusahaan asing yang beroperasi di wilayah negara tersebut.

 

Rumus dan Contoh Menghitung Produk Nasional Bruto

Rumus menghitung Produk Nasional Bruto (PNB) 

Produk Nasional Bruto atau PNB atau GNP dapat dihitung dengan menggunakan persamaan sebagai berikut:
PNB = PWDN + PWDLN
Keterangan  : PNB = Produk Nasional Bruto ; PWDN = Produksi barang dan jasa yang diproduksi oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki Warga Negara di suatu negara yang pendapatan nasionalnya sedang dihitung ; PWDLN = Produksi barang dan jasa yang diproduksi oleh faktor-faktor produksi milik Warga Negara tersebut yang berusaha/bekerja di luar negeri.

 

Contoh soal Menghitung Produk Nasiona Bruto

Contoh soal 1 : Jumlah produksi barang dan jasa keseluruhan yang dihasilkan oleh faktor-faktor produksi penduduk (WN) suatu negara  di dalam negeri dalam suatu tahun adalah Rp 1.200 triliun dan yang dihasil sebagian penduduk (WN) yang memiliki faktor-faktor produksi diluar negeri adalah Rp 400 triliun. Berapakah besarnya PNB negara tersebut ?
Jawaban soal 1 : Besarnya Produk Nasional Bruto (PNB) adalah : Rp 1.200 triliun + Rp 400 triliun = Rp 1.600 triliun