Jenis Audit Menurut Ahli IIA

Jenis audit yang umum dilakukan oleh seorang auditor internal tidak terlepas dari penjelasan dari definisi internal audit dan standar. jika kita ulas kembali mengenai definisi audit internal disebutkan bahwa audit internal harus mengevaluasi pencapaian strategis organisasi, keandalan dan integritas informasi keuangan dan operasional, efektivitas dan efisiensi operasional, kecukupan pengendalian perlindungan aset dan kepatuhan terhadap prosedur, peraturan dan hukum yang berlaku.

Jenis kegiatan Audit Internal menurut IIA Aktivitas assurance (Audit) meliputi area : Keuangan (Finance), Kinerja (Operational), Kepatuhan (Compliance) dan sistem pengendalian (Risk & Control) suatu organisasi. Hasil dari aktivitas Assurance (Pemeriksaan) biasanya diungkapkan oleh Audit Internal dalam bentuk opini, kesimpulan atau penilaian dari hasil penugasan ( the IIA glosarry international standars).

Jenis audit dan auditor Menurut para ahli Jenis-jenis kegiatan audit yang biasanya dilaksanakan dalam audit  terdiri dari 4 jenis yaitu Audit internal terhadap keuangan, Audit internal kepatuhan, audit internal operasional dan audit internal kecurangan. Agar memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai jenis-jenis audit internal tersebut mari kita ulas satu persatu jenis audit menurut para ahli.

 

Audit Keuangan (finance audit)

Pengertian / definisi audit keuangan adalah serangkaian pengujian terhadap penyajian laporan keuangan dengan memandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan. jenis audit keuangan ini bertujuan untuk menentukan apakah laporan keuangan yang disajikan secara keseluruhan adalah wajar jika dibandingkan dengan kriteria yang ditentukan. Jenis audit internal keuangan ini dilaksanakan mengacu kepada fungsi dari audit internal yang menyebutkan “Audit internal harus mengevaluasi keandalan dan integritas informasi keuangan dan operasional” auditor yang melakukan bisa internal auditor bisa eksternal auditor tetapi lebih sering dilakukan oleh eksternal auditor.

Audit kepatuhan (compliance audit)

Apa itu audit kepatuhan ? Pengertian / definisi audit adalah serangkaian pengujian atas kepatuhan terhadap prosedur yang ditetapkan. Tujuan dari jenis  audit internal ini adalah untuk menilai tingkat kepatuhan suatu organisasi atau karyawan terhadap prosedur, peraturan dan regulasi yang telah ditetapkan. Jenis audit  ini dilaksanakan mengacu kepada fungsi dari audit internal yang menyebutkan “Audit internal harus mengevaluasi kepatuhan terhadap hukum, peraturan, kebijakan, prosedur, dan kontrak” audit yang biasa melakukan ini adalah internal auditor atau auditor dari regulator seperti pemerintah atau regulator lainnya.

Audit Operasional (operational audit)

Pengertian / definisi audit operasional adalah serangkaian pengujian terhadap operasional suatu organisasi. tujuan jenis audit internal ini untuk mengukur efektivitas maupun efesiensi penggunaan sumber daya atas suatu aktivitas dalam organisasi. Jenis audit internal keuangan ini dilaksanakan mengacu kepada fungsi dari audit internal yang menyebutkan “Audit internal harus mengevaluasi Efektivitas dan efisiensi operasi dan program” biasanya auditor yang melakukan audit ini adalah internal auditor.

Audit Khusus (spesial Audit / fraud Audit)

Pengertian / definisi audit khusus adalah jenis audit khusus yang diminta oleh manajemen atau organisasi yang bertujuan untuk mendeteksi atau mencegah terjadinya kecurangan yang dapat mengganggu pencapaian sasaran strategis organisasi. Jenis audit internal keuangan ini dilaksanakan mengacu kepada fungsi dari audit internal yang menyebutkan “Audit internal harus mengevaluasi kecukupan dan efektivitas pengendalian perlindungan aset. audit khusus ini identik dengan fraud biasanya dilakukan oleh internal auditor atau orang lain yang sudah memiliki kemampuan atau sertifikasi CFE.